Print This Post Print This Post

Harmonis: Komite, Orang Tua, dan Manajemen Menyusun RAPBK MIN 1 Kota Malang Tahun 2019

471

RAPBK_1Kota Malang (MIN 1) – Sabtu (24/2) bertempat di Aula MIN 1 telah dilaksanakan Penyusunan Rencana Anggaran dan Belanja Komite (RAPBK) tahun 2019. Kegiatan ini bertujuan membuat program kegiatan yang akan didanai oleh komite serta menyusun anggaran berdasarkan rencana kegiatan tersebut.

Kegiatan ini diikuti oleh pengurus dan pengawas komite, manajemen, seta perwakilan orang tua murid. Sambutan sekaligus pengantar dari ketua komite Masykuri Bakri pada pukul 07.30 membuka acara RAPBK ini. Dilanjutkan oleh Suyanto sebagai kepala MIN 1 memaparkan visi misi target serta hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM) sebagai acuan untuk mencermati jenis-jenis kegiatan yang dirancang.

Usai pemaparan visi misi oleh kepala madrasah pandangan umum diberikan oleh lintas bidang komite. Acara dilanjutkan dengan sidang komisi di mana masing-masing anggota perbidang mencermati rancangan RAPBK. Sidang plenopun dilakukan untuk mempresentasikan hasil sidang komisi, kemudian ditanggapi dari lintas bidang untuk menguatkan atau memberikan koreksi. Acara berakhir pukul 18.00 dengan pengambilan kesimpulan umum oleh ketua komite.

“Kesimpulan yang diambil kemarin yaitu masih perlu dilakukan penghalusan kembali hasil RAPBK oleh tim yang ditunjuk ketua komite. Tim tersebut terdiri dari perwakilan komite dan manajemen.” Ujar Zaidi selaku ketua panitia saat dihubungi di ruangannya (25/2).

Lebih lanjut Zaidi menyampaikan, “Kegiatan ini perlu dilakukan karena banyaknya kegiatan yang diinginkan oleh orang tua murid tetapi tidak bisa didanai oleh dana pemerintah (DIPA).”

Penyusunan RAPBK yang dilakukan Sabtu itu merupakan tahapan ke tiga. Sebelumya telah dilakukan penyusunan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) pada 5-7 Oktober 2018 bertempat di Samara Resort Kota Batu dimana pada kegiatan ini didapatkan kelemahan-kelemahan yang masih perlu diperbaiki atau bahkan perlu mengadakan kegiatan-kegiatan baru untuk menutupi kekurangan tersebut, dari kegiatan tersebut diurut berdasarkan skala prioritas dan dianalisis kegiatan yang dapat didanai dan tidak dapat dinanai oleh DIPA.

Dari hasil EDM tersebut pada bulan November 2018 dilanjutkan dengan kegiatan penyusunan anggaran dari komite yang dilakukan oleh manajemen dan komite. Kemudian barulah kegiatan Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Komite ini dilakukan. (DwiCy)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us