Print This Post Print This Post

Pelaksanaan PAS Latih Siswa Berpikir Nalar dan Kritis

146

Kota Malang (MIN 1) – Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan kegiatan wajib yang diselenggarakan oleh pihak madrasah untuk menguji dan mengevaluasi hasil belajar peserta didik selama satu semester, dan mengukur materi pelajaran yang diberikan guru-guru mata pelajaran melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dengan demikian hasil PAS dapat  dijadikan tolok ukur ketuntasan belajar dan dapat dimanfaatkan untuk program remidial, pengayaan dan pengisian rapor.

Dalam rangka penilaian hasil belajar peserta didik, MIN 1 Kota Malang menyelenggarakan PAS yang diikuti sejumlah 1.545 siswa terdiri dari kelas satu sampai dengan kelas enam selama sepekan mulai Senin, 28 November – 3 Desember 2022.

“Kelas satu sampai dengan kelas tiga penilaian akhir semester ganjil dilaksanakan melalui paper tes, sedangkan kelas empat sampai dengan kelas enam melalui CBT di E-learning dengan menggunakan moda laptop dan tablet. Alhamdulillah dua hari berlalu berdasarkan pantauan langsung dan laporan walikelas pelaksanaan berjalan lancar,” tutur Koordinator Bidang Kurikulum dan Evaluasi, Didin Tri Harjani.

Ia mengungkapkan bahwa untuk menjaga kejujuran selama PAS, tempat duduk pengawas yang biasanya berada di depan bangku siswa, saat ini dipindahkan ke belakang untuk memudahkan pemantauan tampilan di layar monitor.

Semoga pelaksanaan PAS secara luring ini dikerjakan dengan sungguh-sungguh, jujur, dan harapannya dapat melatih kembali siswa terampil mengerjakan soal isian dan uraian serta berpikir nalar dan kritis,“ imbuh Didin dengan semangat. (irm@)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us