Print This Post Print This Post

Sejumlah 250 siswa ikuti Uji Coba Kegiatan Assesmen Nasional dan Validasi AKMI

141

Kota Malang (MIN 1) – Dalam rangka mendukung program pemerintah, MIN 1 menggelar Uji Coba kegiatan Assesmen Nasional Sabtu (20/08/2022). Dilanjutkan Uji Validasi Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) yang dilaksanakan selama dua hari Rabu-Kamis (24-25/08/2022). Kegiatan ini diikuti 250 siswa kelas lima.

AKMI secara nasional diperuntukkan bagi seluruh murid madrasah jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). AKMI menjadi strategis, sebab sebagai alat diagnosis literasi siswa, tepatnya empat literasi yaitu: Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya.

Waka Kurikulum, Dra. Didin Triharjani menerangkan, asessmen ini dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter.  “Hasil asessmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran,” ujarnya.

Alhamdulillah mulai dari uji coba sampai dengan validasi berjalan dengan lancar, semoga dapat menjadi bahan dalam menyusun program maupun intervensi kebijakan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan madrasah. (DwiCy, irm@)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us