Print This Post Print This Post

Bangkitkan Cinta Budaya Negeri dengan Membatik

371

Kota Malang (MIN1) – Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Guna memberi kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Sabtu (20/ 05) seluruh siswa kelas empat didampingi beberapa guru MIN 1 Kota Malang melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dengan Tema Cintai Budaya Negeri “Kreasi Batik Celup Ikat”. Proses pembuatan batik dilaksanakan di depan asrama Sasana Krida Universitas Negeri Malang (UM) dan di madrasah.

Pembelajaran berbasis proyek dilaksanakan dalam beberapa tahapan, pertama pengenalan tentang batik dan menyaksikan  tutorial teknik batik celup ikat, kedua menyiapkan bahan dan alat dilanjutkan praktik, ketiga pameran hasil kreasi batik celup ikat.

Didin Triharjani selaku Korbid Kurikulum, saat upacara menyampaikan bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional, kita bangkitkan karakter untuk mencintai budaya negeri, salah satunya dengan belajar membatik. “Madrasah bangga untuk karya kalian yang luar biasa!” tegasnya.

“Senang dapat pengalaman membuat batik, suatu saat aku akan membuat lagi untuk diberikan mama sebagai kado ulang tahunnya,” ucap Aida siswa kelas 4A.

Beberapa siswa kelas empat yang lain Arsyad dan Fazna juga mengungkapkan kesannya, bangga mengenal kreasi budaya negeri dengan membatik dan bercita-cita ingin membuka usaha batik.

“Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi siswa untuk memperkuat karakter cinta budaya negeri, mengembangkan kompetensi, dan kreatifitas dalam berkarya, “ tutur Titin Koordinator Kelas 4 saat penutupan kegiatan Project Learning.(irm@)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us