Print This Post Print This Post

Bincang Santai dengan Alumni: Peran Orang Tua/ Guru sebagai Tinta Pertama dalam Pendidikan

444

Kota Malang (MIN 1) Selasa (26/04/2022) MIN 1 Kota Malang menggelar Bincang Santai dengan Alumni bertajuk “Pola Pengembangan Karakter Anak”  sebagai narasumber Dessy Rutten, PhD FeRSA. Acara dihadiri oleh seluruh bapak/ibu guru dan karyawan bertempat di serambi masjid. Berlansung secara tatap muka mulai pukul 09.30-11.30 dengan memperhatikan protocol kesehatan.

Acara dipandu oleh moderator Nian Andini dan dibuka oleh Drs. Suyanto, M.Pd. selaku Kepala Madrasah MIN 1 Kota Malang. Selain jadi ajang sharing pengalaman Suyanto berharap bincang santai kali ini dapat menjalin tali silaturahmi dengan alumni. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan.

Kesuksesan  membimbing anak di usia dini sangat menentukan kesuksesan anak dalam kehidupan sosial di masa dewasanya kelak. Mereka akan tampil sebagai orang-orang yang senang belajar, terampil menyelesaikan masalah, berkomunikasi dengan baik dan berhasil guna, berani, jujur, dapat dipercaya dan diandalkan, penuh perhatian, toleransi, luwes, serta bisa bersaing dalam kehidupan sosial di masa dewasanya kelak.” Karakter yang sudah dibangun di Madrasah ini sangat bermanfaat bagi saya saat hidup di Belanda dan Inggris,” tutur Dessy, ilmuan Indonesia di bidang bisnis Manajemen Internasional, Kewirausahaan, Inovasi dan Pembangunan Regional di Belanda.

Desi menceritakan bahwa pembiasaan penting dalam kehidupan sehari-hari yang ditanamkan sejak awal seperti: kejujuran, mendidik anak untuk mencari tahu, berfikir, berpengetahuan, komunikatif, rajin salat dan berdoa mengingat Allah di mana pun berada karena kita sebagai muslim. Di samping itu kesehatan mental juga penting (empati, perhatian, peduli dan lain-lain). “Pinter, mandiri juga penting, tetapi harus punya hati, berani mengambil risiko, dan perlu dikenalkan dunia pekerjaan, kemudian mengevaluasi  yang telah dicapai  anak, “ ujar Dessy.

Di akhir pertemuan Dessy menambahkan orang tua/ guru merupakan penoreh tinta pertama dalam pendidikan, untuk itulah marilah di setiap kesempatan yang baik ini kita manfaatkan untuk membimbing dan mengantar anak-anak kita menuju kesuksesan, karena anak adalah sebuah anugerah. (irm@)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us