Print This Post Print This Post

Bulatkan Tekad Bersatu Membangun Bangsa

134

Kota Malang – (MIN 1) Sumpah Pemuda merupakan simbol dari semangat nasionalisme serta persatuan bangsa Indonesia yang didasarkan pada identitas nasionalnya. Dengan mengikrarkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, ini menjadi bukti bahwa semangat nasionalisme pemuda dan pemudi Indonesia benar-benar terlaksana. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke- 94 MIN 1 Kota Malang menggelar upacara bendera diikuti oleh perwakilan guru, karyawan dan siswa kelas 3-6 Jumat (28/10) bertempat di lapangan basket. Momentum nasional ini diperingati setiap tahun untuk mengenang kembali peristiwa Kongres Pemuda tanggal 27-28 Oktober 1928 yang menghasilkan putusan Sumpah Pemuda.

Kepala MIN 1 Kota Malang Drs. H. Suyanto MPd  menyampaikan, Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar yang telah dituangkan para pemuda dari berbagai daerah menyatukan tekad untuk bersatu dalam melawan penjajah. “Dengan semangat sumpah pemuda mari kita bulatkan tekad bersatu menjaga negara RI dan melestarikan keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Keberagaman yang ada dapat menjadi satu kekuatan  untuk membangun Indonesia,” tandasnya.

Di tengah sambutannya Suyanto berteriak dengan lantang,“ Pemuda Pemudi Indonesia!” Dengan serempak dan penuh semangat seluruh peserta upacara yang hadir menjawab,” Bersatu Membangun Bangsa!” sambil mengepalkan tangan kanannya. Dilanjutkan dengan membacakan ikrar sumpah pemuda dan menyanyikan lagu-lagu nasional untuk membangkitkan rasa nasionalisme, cinta tanah air, dan semangat perjuangan para pemuda. (irm@)

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us