Print This Post Print This Post

Ekspedisi Mahasiswa Universiti Melaka Malaysia ke MIN 1 Kota Malang

360

Kota Malang (MIN 1) – Menyambut tamu studi banding menjadi hal biasa bagi MIN 1 Kota Malang, namun kali ini ada yang berbeda. Tamu yang datang pada Kamis (2/3) adalah dari luar negeri, tepatnya mahasiswa Universiti Teknikal Melaka Malaisya (UTeM) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Universitas Brawijaya Malang.

Sebanyak 12 mahasiswa, 2 Dosen pendamping dari UTeM, 14 mahasiswa, 2 Dosen pendamping dari Universitas Brawijaya datang pukul 10.15 WIB. disambut oleh Hj. Siti Aisah, S.Ag, M.Pd selaku Kepala MIN 1 Kota Malang yang baru dilantik pada 1 Maret 2023 didampingi M. Dwi Cahyono selaku Koordinator Bidang Kehumasan menuju Aula Abdul Latif Safraji.

Rombongan disuguhkan penampilan tari  dan angklung oleh siswa/siswi yang tergabung dalam ektra kurikuler. Waw, penampilan anak-anak begitu memukau dan berkesan bagi rombongan tamu.  Terbukti dengan applausenya berulang kali bahkan mereka minta foto bersama anak-anak.

Selanjutnya acara pemaparan tentang budaya yang ada di madrasah. “Setiap hari Kamis siswa dan guru memakai busana daerah, berkomunikasi dengan Bahasa Jawa, dan  ada kegiatan Panggung Kreasi Anak Salih (Pangkas) menampilkan berbagai aksi, kreasi dan bakat siswa/siswi,” ucap Hj. Siti Aisah alumni UIN Maliki.

Doktor Nuzaimah selaku pendamping dari UTeM menyampaikan maksud kunjungannya untuk melihat pembelajaran budaya  yang mencakup pembelajaran gamelan dan angklung. Lebih lanjut ia merasa bangga bisa berkunjung di madrasah yang luar biasa ini. Dan terharu saat melihat penampilan musik angklung yang membawakan lagu tentang Kasih Ibu, “ tuturnya dengan logat khas Malaisya.

Selesai acara seremonial dilanjutkan menuju ruang gamelan. Teryata tidak hanya menyaksikan anak-anak yang memainkan gamelan namun para mahasiswa Malaysia ini tertarik dan berbaur dengan anak-anak mencoba memainkan gamelan, suasana terlihat begitu asyik dan menyenangkan begitu juga dengan angklung mencoba berulang kali sampai tak terasa waktu salat Duhur telah tiba, rombongan tamu pamit untuk undur diri dari madrasah. (irm@)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us