Print This Post Print This Post

Ekspresi Lucu Siswa Saat Ikuti Pelaksanaan BIAS

201

Kota Malang (MIN 1) – Dalam rangka melaksanakan program pemerintah untuk memberikan kekebalan pada anak usia Sekolah Dasar, MIN 1 Kota Malang mengadakan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Selasa – Kamis (15-17/11/2022) bertempat di serambi masjid Abdul Jalil diikuti oleh seluruh siswa kelas 1, 2, dan 5 bekerja sama dengan tenaga kesehatan dari Puskesmas Arjuno.

Kegiatan ini diatur dengan jadwal khusus, Selasa siswa kelas dua, Rabu kelas satu, dan Kamis kelas lima. Siswa yang ikut imunisasi diharuskan dalam keadaan sehat, sudah sarapan,  dan sudah mendapatkan surat izin dari orangtua. Dengan didampingi walikelas siswa disuntik atau divaksin oleh petugas dari Puskesmas Arjuno. Setelah di vaksin siswa di observasi beberapa saat terlebih dahulu, sembari dibekali informasi apa yang harus dilakukan jika terjadi KIPI (Kejadian Ikutan Paska Imunisasi)

Saat ditemui, Lismawati selaku Staf Unit Kesehatan Siswa (UKS) menjelaskan, “Secara umum kegiatan  BIAS yang rutin dilakukan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan jangka panjang bagi anak terhadap penyakit Difteri, Tetanus, dan Campak sedangkan tujuan khususnya agar semua anak SD/MI mendapatkan imunisasi lengkap untuk memberikan perlindungan seumur hidup,” ujarnya.

Saat ditanya pengalaman menarik mendampingi pelaksanaan BIAS, ibu yang selalu siaga di UKS ini menuturkan,“ Ekspresi anak-anak lucu sekali. Ada yang berani dan percaya diri langsung maju, ada yang malu-malu, ada yang takut, ada yang menangis, ada yang teriak, ada yang khusuk berdoa dulu, dan ada yang lari karena takut disuntik. Tetapi pada umumnya anak-anak sangat kooperatif.”

“Semoga dengan melengkapi imunisasi yang didapatkan melalui BIAS dapat meningkatkan herd immunity (kekebalan kelompok) terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi,” ujar Lismawati menambahkan. (irm@)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us