Print This Post Print This Post

Guru MIN 1 Kota Malang Publikasikan Buku Atletik Cabang Lompat untuk Bahan Ajar Siswa

156

M1NEWS- Johan Nur Cahyo, S.Pd., M.Pd., seorang guru olahraga kelas 3 di MIN 1 Kota Malang, telah berhasil menerbitkan sebuah buku baru yang berfokus pada cabang olahraga atletik, khususnya lompat jauh. Buku ini diterbitkan oleh Sagusatal Indonesia dan masuk dalam kategori buku pendidikan.

Johan menjelaskan bahwa buku ini dirancang untuk menjadi bahan ajar dan materi pembelajaran bagi semua jenjang pendidikan, meskipun fokus utamanya adalah atletik cabang lompat jauh. 

“Atletik memiliki banyak cabang, seperti lari dan lain sebagainya, tapi di sini saya mengambil cabang lompat,” Terang Johan kepada Humas MIN 1 Kota Malang. 

Selain itu, buku ini tidak hanya berisi materi dasar, tetapi juga mencakup sejarah dan metode pembelajaran praktis di lapangan. 

“Biasanya, buku olahraga hanya sebatas materi. Di sini saya berikan sejarah dan cara pembelajaran di lapangan praktek langsung. Ini buku pertama saya,” tambahnya.

Johan Nur Cahyo selain sebagai guru PJOK di MIN 1 Kota Malang juga merupakan profesional wasit yang memiliki lisensi dari PSSI. Ketika ditanya mengapa memilih menulis tentang lompat jauh dan bukan sepak bola, Johan mengatakan ini merupakan alternatif dari materi yang selama ini ia geluti. 

“Agar tidak bosan, karena setiap hari saya juga mengajar tentang sepak bola di IKIP Budi Utomo dan UNESA. Saya ingin mencoba sesuatu yang berbeda dan memberikan variasi dalam bahan ajar.” 

Johan berharap melalui buku ini, para peserta didik dapat memahami teori dan penerapan atletik cabang lompat secara lebih mendalam. Selain itu, dia juga berharap para guru pengajar dapat menerapkan materi dari buku ini jika dianggap cocok.

Dalam buku ini Johan menyebutkan bahwa atletik adalah jenis olahraga yang mengandalkan kelenturan tubuh, kekuatan kaki, dan kekuatan fisik secara umum. 

“Atletik merupakan gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Untuk mewadahi atletik khususnya di tingkat pelajar, cabang olahraga ini juga dipertandingkan di tingkat regional sampai internasional,” tambah Johan.

Atletik tidak hanya membantu dalam pembentukan jasmani, tetapi juga mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi tambahan bagi pelajar dan guru PJOK dalam meningkatkan kompetensi di bidang atletik. Buku tersebut menjelaskan sejarah, pengertian atletik, macam-macam nomor lompat seperti lompat jauh, lompat tinggi, dan lompat jungkit, model pembelajaran lompat, serta peraturan perlombaan.

Menurut Johan, atletik adalah jenis olahraga yang sangat penting bagi perkembangan fisik dan mental siswa.

“Atletik adalah jenis olahraga yang cenderung menggunakan kelenturan tubuh, kekuatan kaki, kekuatan fisik dan masih banyak lainnya. Selain itu, atletik merupakan gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat,” kata Johan.

Untuk mewadahi atletik khususnya di tingkat pelajar, juga menjadi cabang olahraga prestasi yang dipertandingkan di tingkat regional sampai internasional. Karena dalam atletik tidak hanya membantu membentuk kelebihan dalam jasmani saja tapi juga mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

Johan berharap buku ini dapat digunakan sebagai tambahan referensi bagi pelajar dan guru PJOK dalam meningkatkan kompetensi di bidang atletik.

Buku ini menjelaskan sejarah, pengertian atletik, macam-macam nomor lompat seperti lompat jauh, lompat tinggi, dan lompat jungkit, model pembelajaran lompat serta peraturan perlombaan. Dengan hadirnya buku ini, diharapkan siswa dan guru dapat lebih memahami dan menerapkan teori serta praktek atletik dengan lebih baik.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us