Print This Post Print This Post

Hadirkan Ketua APSAI Pusat Malang, MIN 1 Kota Malang Siap Menuju Adiwiyata

477

Kota Malang – (MIN 1) Jumat (28/01/2022) MIN 1 Kota Malang melaksanakan Bimbingan  Teknis Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS). Bertempat di serambi masjid mulai pukul 08.00 s.d 15.00 diikuti oleh semua guru dan karyawan. Hadir sebagai narasumber  Drs. H. Samsudin, M.Si selaku Ketua Aksi Pengembang Sekolah Adiwiyata Indonesia Pusat Malang (APSAI). Kegiatan Bimtek ini sebagai pembekalan untuk bapak/ibu guru dan karyawan dalam pembinaan karakter peduli dan berbudaya lingkungan untuk ditularkan kepada peserta didik, sehingga perilaku peserta didik dan warga sekolah bisa lebih bertanggung jawab dalam upaya pelestarian, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan nantinya akan diintegrasikan dengan program Adiwiyata. 

Kepala Madrasah, Suyanto saat membuka acara mengatakan bahwa PBLHS adalah program lingkungan hidup yang ditujukan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah di antaranya siswa, guru, orangtua/wali murid dan juga lingkungan masyarakat  untuk melestarikan lingkungan.

“Kegiatan ini merupakan awal kita untuk melakukan gerakan kepedulian dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah. Pentingnya mengajarkan kepada siswa/siswi untuk mencintai lingkungan sebagai wujud  rasa syukur atas nikmat luar biasa yang telah Allah berikan,” tegasnya.

Samsudin selaku narasumber menjelaskan,”Kriteria sekolah Adiwiyata mencakup 3 komponen meliputi, perencanaan gerakan PBLHS, pelaksanaan dan pemantauan serta evaluasi pelaksanaan GPBLHS. Harapannya akan ada nantinya kebiasaan baik yang diterapkan di lingkungan sekolah. Sehingga warga sekolah dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan secara berkelanjutan.

Setelah penjelasan dari narasumber acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi potensi dan masalah lingkungan hidup yang terjadi di madrasah. Dilanjutkan pembuatan rencana PBLHS terintegrasi dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sesuai kelompok kelas dan bidang studi yang diampu. Acara ditutup dengan membaca doa bersama.(irm@)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us