Print This Post Print This Post

Hari Pertama Field Study Siswa Kelas 5 MIN 1 Kota Malang Kunjungi Kompleks Parlemen Republik Indonesia

266

M1News–Rombongan Field Study siswa kelas 5 MIN 1 Kota Malang tiba di Jakarta pada Selasa pagi dan langsung mengunjungi Masjid Istiqlal dan Kompleks Parlemen Republik Indonesia.

Kompleks Parlemen, yang juga dikenal sebagai Gedung MPR/DPR/DPD RI, adalah tempat bersidang bagi tiga lembaga legislatif Indonesia: Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah MIN 1 Kota Malang, Siti Aisah, S.Ag., M.Pd., menyatakan harapannya agar kegiatan ini memberikan manfaat besar bagi para siswa.

“Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan Ibu Revi dan beberapa pejabat di MPR-RI yang telah memungkinkan kami berada di sini bersama keluarga besar MIN 1 Kota Malang. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan, dan kami berharap anak-anak dapat mengikuti dengan baik,” ucapnya.

Siti Aisah juga menekankan bahwa kegiatan ini bukan hanya rekreasi, melainkan bertujuan untuk belajar. “Kami berupaya memberikan inspirasi kepada anak-anak kelas 5 tentang peran dewan dalam mengatur negara ini menjadi lebih baik. Meski mungkin mereka tidak bercita-cita menjadi anggota dewan, paling tidak mereka bisa belajar dan memberikan masukan,” tambahnya.

 

Yenita Revi, S.E., Kepala Sub Bagian Hubungan Antar Lembaga, turut mendampingi siswa dan memberikan materi.

“Selamat datang di Kompleks Parlemen. Di sini ada tiga lembaga negara: MPR, DPR, dan DPD. Anak-anak akan mengunjungi Gedung Paripurna yang biasanya digunakan untuk melantik presiden dan rapat penting lainnya,” jelasnya.

Yenita juga memberikan materi tentang sejarah dan tugas MPR, termasuk penjelasan mengenai 4 pilar MPR-RI. Para siswa diajak berinteraksi dengan bertanya dan menjawab tentang fungsi dan wewenang MPR-RI.

Ratusan siswa yang terdiri dari siswa-siswi kelas lima dan guru ini diharapkan dapat mengambil banyak pelajaran dari kunjungan ini dan menginspirasi mereka untuk belajar lebih giat, karena untuk duduk di kursi parlemen dibutuhkan orang-orang hebat dengan dedikasi tinggi.

Dalam kunjungan tersebut, para siswa belajar banyak tentang fungsi dan peran lembaga legislatif di Indonesia. Di Gedung Paripurna, mereka mendapat penjelasan mengenai berbagai kegiatan yang biasa dilakukan, seperti pelantikan presiden dan rapat-rapat penting lainnya. Yenita Revi, S.E., memberikan penjelasan rinci mengenai tugas dan fungsi MPR, termasuk pentingnya 4 pilar MPR-RI.

Anak-anak tidak hanya mendengarkan, tetapi juga aktif bertanya dan berdiskusi tentang peran MPR dalam menjaga keutuhan negara dan menyuarakan aspirasi rakyat. Mereka belajar tentang proses legislasi, bagaimana undang-undang dibuat, dan bagaimana lembaga-lembaga ini bekerja sama untuk menjalankan pemerintahan yang baik.

Para wali murid dan guru-guru sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai bagian penting dari pendidikan anak-anak. Mereka berharap kunjungan semacam ini dapat terus dilakukan untuk mendukung pengembangan pendidikan yang lebih luas dan mendalam bagi siswa-siswi MIN 1 Kota Malang.

Dengan pengalaman berharga ini, diharapkan para siswa akan lebih termotivasi untuk belajar dan mengejar cita-cita mereka, baik di bidang politik maupun bidang lainnya, dengan semangat dan dedikasi yang tinggi.

Setelah berkeliling di komplek Parlemen  acara kemudian dilanjutkan menuju Seaworld pada sore harinya dan menuju ke hotel untuk istirahat. Keesokan harinya kegiatan akan dilanjutkan belajar ke TMII. Hari berikutnya dilanjut ke Museum Pancasila Sakti, dan Monumen Nasional.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us