Print This Post Print This Post

Kabid Pendma Kanwil Kemenag Jatim Kunjungi MIN 1 Kota Malang dalam Rangka Peningkatan Bahasa Arab di Madrasah

333

M1News – Rabu (29/05/2024), MIN 1 Kota Malang mendapat kehormatan kunjungan dari Dr. Sugiyo, M.Pd., Kabid. Pend.Ma Kanwil Kemenag Jatim saat masa PAT dan SAS. Beliau disambut hangat oleh Ibu Kepala Madrasah Hj. Siti Aisah, S.Ag., M.Pd., Bapak Ibu Guru dan Staf Madrasah. Ibu kepala madrasah sangat senang atas kunjungan beliau dan berharap dapat memberikan masukan berharga bagi kemajuan Madrasah.

Bapak Sugiyo kemudian berkesempatan untuk melihat langsung proses PAT dan SAS sembari berbincang dengan Ibu kepala madrasah tentang semua hal berkaitan dengan pembelajaran terutama pembelajaran Bahasa Arab di MIN 1 Kota Malang.

 

Kunjungan ini dilakukan setelah guru-guru Bahasa Arab MI se-Jawa Timur termasuk Guru MIN 1 Kota Malang mengikuti tes kemampuan Bahasa Arab TOAFL pada 22 Mei 2024 lalu. Tes ini merupakan satu rangkaian dalam program Pemetaan dan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Arab dari Jenjang MI, MTs, s.d. MA yang akan dilanjutkan dengan Diklat Guru Bahasa Arab se-Jatim mendatang.

 

Setelah melihat proses pelaksanaan PAT dan PAS, Beliau mengajak rumpun guru Bahasa Arab yaitu: Ustdh. Dra. Hj. Ninik Zulaicha, Ustdh. Uswatul Hasanah, S.Ag, M.Pd.I., Ustdh. Eli Cholidah, S.Ag, M.Pd.I., dan Ust. Ahmad Syahrul Munir, S.Pd. untuk berdiskusi dalam pengembangan kemampuan Bahasa Arab terutama pada maharah kalam (berbicara) dalam lingkup pembelajaran di Madrasah.

 

Beliau memberikan binaan dan arahan yang sangat inovatif dan maju dalam meningkatkan maharah kalam di MIN 1 Kota Malang ini. Beliau juga mendorong para guru untuk terus meningkatkan kemampuan Bahasa Arab mereka agar dapat menjadi teladan bagi para siswanya. Banyak hal yang didapat dari bincang-bincang dengan beliau.

تعلم اللغة سهل، أي عن طريق الاستماع، ثم التقليد، ثم التكرار المستمر، ولا تخف من الخطأ، مع مثل هذه العادات فإن شاء الله سيكون خريجو هذه المدرسة موثوقين للغاية في التكلم والتحدث باللغة العربية

“Pembelajaran bahasa itu mudah, yaitu dengan memperdengarkan, kemudian ditirukan, kemudian diulang-ulang terus, dan jangan takut salah. Dengan pembiasaan-pembiasaan seperti itu in sya Allah lulusan MIN 1 akan sangat handal dalam berbicara menggunakan bahasa arab.” Ujar beliau saat memberi pembinaan terhadap guru-guru bahasa Arab di MIN 1 Kota Malang.

 

Kunjungan beliau ke MIN 1 Kota Malang merupakan sebuah motivasi bagi para guru dan siswa untuk terus meningkatkan kemampuan berbahasa Arab. Dengan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta dukungan dari semua pihak, diharapkan MIN 1 Kota Malang dapat menjadi madrasah unggulan dalam bidang bahasa terutama Bahasa Arab di Jawa Timur. (Humas MIN 1 Kota Malang)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us