Print This Post Print This Post

Kegiatan P5PPRA di MIN 1 Kota Malang: Menggali Kearifan Lokal Melalui “Makananku Budayaku”

368

M1NEWS- Pada Selasa (21/5/2024) MIN 1 Kota Malang menggelar kegiatan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5PPRA) untuk kelas 1 semester 2 tahun pelajaran 2023/2024. Acara yang bertemakan “Makananku Budayaku” ini melibatkan para siswa kelas 1 dalam praktik memasak makanan dan minuman tradisional, dengan tujuan menggali dan melestarikan kearifan lokal.

Pada Projek ini para siswa mempersiapkan diri untuk praktek memasak. Praktek memasak makanan dan minuman tradisional melibatkan pembuatan beragam kue tradisional seperti iwel-iwel, lumpur kentang, getuk, klepon, lemper, arem-arem, dadar gulung, putu ayu, dan pukis. Untuk minumannya, mereka membuat jus buah segar seperti jus semangka, jus melon, jus alpukat, jus jambu, jus buah naga, jus sirsak, jus stroberi, dan jus semangka.

Setelah praktik memasak selesai, siswa merapikan dan menata makanan dalam bentuk sajian, lalu beristirahat sejenak. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi tiap kelompok, di mana mereka memperkenalkan dan menjelaskan makanan yang telah dibuat.

Selanjutnya, siswa melakukan kunjungan ke kelas lain yang telah ditentukan untuk melihat hasil karya teman-teman mereka. Setelah itu, mereka kembali ke kelas masing-masing untuk menikmati kue buatan sendiri dan membereskan barang-barang sambil bersiap untuk sholat dzuhur.

Acara bersama di aula dimulai setelah sholat dzuhur. Saat anak-anak sholat, perwakilan orang tua siswa (POS) dari setiap kelas membawa satu paket kue dan minuman untuk ditata di aula. Setelah sholat, anak-anak kembali ke kelas dan kemudian menuju ke aula dengan memakai celemek dan tidak bersepatu. Mereka duduk berdasarkan kelasnya sementara pengurus POS berada di belakang.

Acara di aula dipandu oleh Bu Fitra. Ibu Kepala Madrasah, Hj. Siti Aisah, S.Ag., M.Pd., memberikan sambutan dan apresiasi kepada siswa-siswi kelas 1. “Ibu-ibu wali kelas yang luar biasa, alhamdulillah P5 sangat baik dan sangat sukses. Semoga berikutnya bisa memberikan contoh sehingga kegiatan P5 di MIN 1 Kota Malang semakin hebat. Semoga Allah membalas kebaikan paguyuban orang tua siswa yang telah membantu berlangsungnya acara ini. Semoga kegiatan hari ini merupakan kegiatan yang bermanfaat,” ujar Hj. Siti Aisah.

Salah satu wali kelas 1, Ibu Fitra Hafidah, S.Pd., M.PdI., juga menambahkan, “Anak-anak ini salah satunya harus di support dengan makanan dan minuman yang sehat mengingat banyak sekali makanan dan minuman yang bermacam-macam. Anak-anak harus tahu sehat dan tidak sehat, itulah pentingnya acara ini. Selama 3 minggu terakhir ini, anak-anak sudah mempelajari makanan sehat dan tidak sehat, mengelompokkan makanan dan minuman serta jenis-jenis makanan tradisional. Makanan tradisional ternyata lebih sehat. Saya ucapkan terima kasih karena didukung oleh paguyuban orang tua siswa.”

Setelah acara selesai, anak-anak kembali ke kelas masing-masing, berdoa, dan pulang. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan memasak para siswa tetapi juga memperkenalkan mereka pada kearifan lokal melalui kuliner tradisional. Dukungan dari guru dan wali murid MIN 1 Kota Malang serta antusiasme siswa menjadikan acara ini sukses dan berkesan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us