Print This Post Print This Post

Mengukir Kenangan: Petualangan Edukatif Siswa Kelas 5 MIN 1 Kota Malang di Jakarta

184


M1NEWS-
Pagi yang cerah di Kota Malang menjadi tanda dimulainya perjalanan bersejarah bagi para siswa kelas 5 MIN 1 Kota Malang. Mereka mengikuti seremonial pemberangkatan Field Study to Jakarta 2024 (Fiesta) yang digelar di halaman MIN 1 Kota Malang pada Jumat, 10 Mei 2024. Momentum ini menjadi awal dari petualangan edukatif yang telah dinantikan mereka.

Kepala sekolah, para guru, dan orang tua hadir untuk memberikan doa dan dukungan kepada para siswa yang akan berangkat menuju ibu kota negara, Jakarta. Upacara pemberangkatan dimulai dengan sambutan dari kepala sekolah yang mengingatkan pentingnya kegiatan ini sebagai sarana belajar di luar kelas. Setelah seremonial, para siswa kembali ke rumah untuk mempersiapkan diri.


Hari Pertama: Perjalanan Menuju Ibu Kota

Senin siang, 13 Mei 2024, lobi Stasiun Kota Baru Malang dipenuhi antusiasme rombongan keluarga besar MIN 1 Kota Malang. Ratusan rombongan tersebut terdiri dari guru pendamping, siswa kelas 5, dan para wali murid yang mengantar anaknya. Siswa-siswa dengan pakaian bebas rapi dan jaket Field Study (Fiesta) terlihat penuh semangat. Setelah makan siang bersama, perjalanan menuju Jakarta dimulai.

Mereka berjalan menuju peron stasiun untuk memulai perjalanan panjang dengan kereta api eksekutif Gajayana. KA Gajayana ini terbilang sangat mewah, dengan interior yang elegan dan nyaman, serta ruang kaki yang lebih luas. Tepat pukul 14:55 kereta berangkat, mereka akan tiba di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, keesokan harinya.

Di dalam kereta, suasana penuh kebersamaan terlihat saat mereka menjalankan ibadah sholat Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya’. Makan malam juga disajikan di dalam kereta, menambah pengalaman dan pembelajaran yang menarik bagi para siswa.


Hari Kedua: Menyapa Jakarta dan Mengunjungi Parlemen

Selasa pagi, 14 Mei 2024, pukul 03.10, rombongan tiba di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Kemudian dijemput oleh shuttle bus melakukan perjalanan ke Masjid Istiqlal untuk melaksanakan sholat subuh, pengalaman ini menjadi berkesan bagi para siswa sebab Masjid Istiqlal merupakan masjid nasional RI dan menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara.

Setelah itu para siswa persiapan bersih diri dan sarapan. Para siswa berganti pakaian seragam batik hari Rabu dan mengenakan jaket Fiesta. Pukul 08.00, perjalanan dilanjutkan menuju Gedung MPR/DPR/DPD RI.

Di Kompleks Parlemen, siswa mendapatkan penjelasan tentang fungsi dan peran lembaga legislatif Indonesia. Mereka belajar tentang proses pembuatan undang-undang dan melihat langsung ruang sidang yang megah. Kunjungan ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana negara diatur dan dijalankan.

Setelahnya, perjalanan dilanjutkan ke Sea World di Ancol. Para siswa sangat antusias melihat berbagai jenis biota laut dan menyaksikan atraksi menarik. Mereka belajar tentang ekosistem laut dan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Sore hari, rombongan menuju hotel untuk check-in dan beristirahat setelah hari yang panjang dan penuh pembelajaran.

Hari Ketiga: Eksplorasi di Taman Mini Indonesia Indah

Rabu, 15 Mei 2024, dimulai dengan sholat Subuh di hotel dan sarapan bersama. Pukul 06.00, rombongan berangkat ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan penuh semangat. Setibanya di TMII, siswa diajak mengunjungi berbagai anjungan rumah adat dari seluruh Indonesia, mereka belajar tentang keragaman budaya dan tradisi bangsa.

Kegiatan dilanjutkan dengan menonton film di Teater Keong Mas yang menampilkan keindahan alam Indonesia. Kemudian, mereka mengunjungi Bayt Qur’an untuk melihat koleksi mushaf Al-Qur’an dari berbagai daerah dan zaman. Di Sky World, siswa mendapatkan pengetahuan tentang astronomi dan antariksa dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

Setelah makan siang dan sholat, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PPIPTEK). Siswa terlibat dalam berbagai eksperimen dan demonstrasi ilmiah yang menambah wawasan mereka tentang sains. Sore harinya, siswa menikmati waktu bebas dengan mencoba kereta gantung atau menyewa sepeda di area TMII sebelum kembali ke hotel untuk makan malam dan evaluasi.

 


Hari Keempat: Menyerap Sejarah di Museum dan Monas

Kamis, 16 Mei 2024, dimulai dengan persiapan dan check-out dari hotel. Rombongan mengenakan seragam kaos Fiesta dan bawahan biru. Tujuan pertama hari itu adalah Museum Pancasila Sakti. Di sana, para siswa diajak melihat diorama dan artefak sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Mereka belajar tentang nilai-nilai Pancasila dan pentingnya semangat persatuan.

Setelah makan siang dan sholat, perjalanan dilanjutkan ke Monumen Nasional (Monas). Siswa tidak hanya mengunjungi museum di bawah Monas tetapi juga naik ke puncak monumen untuk menikmati pemandangan Jakarta. Pengalaman ini memberikan perspektif baru tentang sejarah dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia.

Menjelang sore, rombongan menuju Stasiun Gambir untuk perjalanan pulang ke Malang. Kereta berangkat pukul 17.45, dan suasana di dalam kereta dipenuhi cerita dan tawa tentang pengalaman yang baru saja dilalui.


 

Hari Kelima: Kembali ke Malang dengan Sejuta Kenangan

Jumat pagi, 17 Mei 2024, rombongan tiba di Stasiun Kota Baru, Malang, pukul 08.00. Para siswa disambut oleh orang tua masing-masing yang sudah menunggu dengan penuh haru dan bangga. Para wali murid bagaikan menyambut timnas kesayangan, membentangkan spanduk dan membawa buket bunga untuk diberikan kepada para guru pendamping yang telah sabar membawa anaknya melakukan perjalanan yang luar biasa.

Terdengar juga lantunan yel- yel ucapan terimakasih dari orang tua kepada para rombongan yang telah membawa perjalanan menyenangkan ini.

Beberapa wali murid memeluk putra-putrinya dengan penuh rindu. Kreativitas para wali murid terlihat dalam spanduk yang bertuliskan, “Thank You and Welcome Home” untuk anak tercinta dan bapak ibu guru.

Perjalanan edukatif ini membawa banyak kenangan dan pelajaran berharga yang akan dikenang sepanjang hidup mereka. Kegiatan Field Study ini tidak hanya memberikan pengalaman baru tetapi juga mempererat tali persahabatan dan menambah wawasan para siswa tentang sejarah, budaya, dan ilmu pengetahuan. Dengan semangat yang baru, mereka siap menghadapi tantangan belajar berikutnya di sekolah.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us