Print This Post Print This Post

Sambut Gema Dzulhijjah 1445 H: Siswa MIN 1 Kota Malang Gelar Manasik Haji di Islamic Center

256

M1News- MIN 1 Kota Malang sukses menyelenggarakan kegiatan Manasik Haji di Islamic Center Kota Malang pada Rabu (22/5/2024), sebagai bagian dari rangkaian acara Gema Dzulhijjah 1445 H. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 4 hingga 6 MIN 1 Kota Malang, dengan peserta laki-laki mengenakan pakaian ihram dan peserta perempuan memakai baju muslim putih.

Acara dimulai dengan sambutan dari Hj. Siti Aisah S.Ag., M.Pd. Kepala MIN 1 Kota Malang. Dalam sambutannya, Kepala MIN 1 menekankan pentingnya kegiatan ini dalam memberikan pemahaman dan pengalaman praktis tentang pelaksanaan ibadah haji kepada para siswa.

Para siswa dibagi menjadi 28 kelompok yang masing-masing mewakili beberapa negara. Setiap kelompok dibimbing oleh seorang karom dari guru kelas, yang bertugas memastikan jalannya kegiatan manasik haji sesuai dengan aturan. Penilaian dilakukan berdasarkan kekompakan dan kerjasama setiap kelompok dalam menjalankan rangkaian kegiatan.

Rombongan jamaah haji memulai perjalanan mereka dengan menuju Padang Arafah untuk mendengarkan khotbah Arafah, memberikan nuansa spiritual yang mendalam kepada para siswa. Setelah itu, mereka melanjutkan perjalanan ke Musdalifah untuk mengumpulkan tujuh kerikil sebagai persiapan melempar Jumroh Aqobah.


Selanjutnya, para siswa melakukan lempar Jumroh Aqobah, sebuah ritual simbolis untuk mengusir godaan setan. Setelah melempar Jumroh, mereka melakukan tahalul, yaitu mencukur rambut sebagai tanda penyucian diri. Rombongan kemudian menuju Pintu Babusalam dan melaksanakan thowaf mengelilingi Ka’bah. Thowaf dimulai dari Hajar Aswad, dengan para siswa mengangkat tangan seolah mencium Ka’bah.

 

Usai thowaf, para siswa melaksanakan sholat di Makam Ibrahim dan kemudian minum air zam-zam untuk menyegarkan diri. Mereka melanjutkan perjalanan ke Bukit Shofa untuk melakukan sai, berlari kecil sebanyak tujuh kali dari Bukit Shofa ke Bukit Marwah, mengingatkan pada perjuangan Siti Hajar dalam mencari air untuk putranya, Nabi Ismail. Kegiatan ditutup dengan tahalul akhir sebagai tanda selesainya rangkaian manasik haji.

Selama kegiatan, tahalul di Arafah dipandu oleh Ustad M. Mansyur S.Ag., sementara thowaf dan sholat dua rakaat di depan Ka’bah dipandu oleh Ustad H. Moh Iksan S.Ag., M.PdI. Kegiatan sai dipandu oleh H. Khoirul Muhajidin S.Ag., M.PdI, dan lempar Jumroh dipandu oleh Abdul Fatah S.Ag., M.PdI.

Kegiatan Manasik Haji ini memberikan pengalaman berharga bagi para siswa MIN 1 Kota Malang dalam memahami dan mempraktikkan ritual-ritual ibadah haji, sehingga diharapkan dapat menambah wawasan dan kecintaan mereka terhadap agama Islam.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us