Print This Post Print This Post

Tanamkan Jiwa Wirausaha melalui Kegiatan Pasar Kelas

193

Kota Malang (MIN 1) – Dalam rangka memberi pengalaman belajar bermakna yang kontekstual terkait mengenal pecahan mata uang, MIN 1 mengadakan kegiatan Pasar Kelas dengan tema Unjuk Kreativitas dan Pasar Kelas sebagai puncak tema. Kegiatan ini dilaksanakan Rabu (09/11) diikuti oleh seluruh kelas dua A-I berjumlah 252 siswa bertempat di luar kelas yaitu di sepanjang kelas dua, ruang guru, dan koperasi.

Pada pukul 07.30 WIB, kegiatan pasar dibuka dengan tarian Manuk Dadali dilanjutkan sambutan oleh Didin Triharjani selaku Waka Kurikulum. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi kepada orang tua siswa yang selama ini telah mendukung terlaksananya kegiatan pasar kelas. “Semoga kegiatan banyak manfaat menambah pengalaman siswa terutama dalam hal bertransaksi,” ujarnya saat pembukaan acara.

Ketua pelaksana sekaligus koordinator kelas 2, Qudriyatul Wahyuni menuturkan,” Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa memiliki pengalaman dalam memahami kondisi kehidupan di pasar, melakukan transaksi sebagi pedagang, mampu menentukan nilai pecahan, dan secara langsung praktik menukar nilai pecahan uang, serta keberanian unjuk kreativitas dan percaya diri menampikan hasil karyanya,” tegasnya

“Beraneka macam yang dijual di pasar kelas,di antaranya: ada kue-kue, aneka sayur, bumbu dapur, aneka minuman, hasta karya berupa bros, tempat pensil, tempat tisu dan sebagainya. Pokoknya meriah, deh!,” imbuh Qudri sambil tersenyum.

Sementara itu salah satu siswa kelas 2 D, Rana Gibran mengungkapkan perasaannya, sangat senang dan seru dapat berjualan di kegiatan pasar kelas. Dagangannya berupa bubur gendrul dibungkus daun habis terjual dan dapat uang. (irm@)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us