Print This Post Print This Post

Tiga Puluh Lima Siswa Kelas Lima Ikuti Asesmen Nasional

146

Kota Malang (MIN 1) Asesmen Nasional (AN) merupakan program evaluasi yang fungsinya untuk memetakan sistem pendidikan pada jenjang dasar sampai menengah, menggunakan instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, serta survei lingkungan belajar. Asesmen Nasional diikuti sejumlah 35 siswa kelas lima MIN 1 yang terpilih, 30 anak peserta utama dan 5 anak peserta cadangan bertempat di laboratorium komputer selama dua hari yaitu Rabu – Kamis (3-4 November).

Instrumen yang terdapat dalam AKM berupa literasi membaca dan literasi numerasi atau matematika. Selanjutnya, survei karakter mencakup pengukuran sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai berdasarkan enam aspek Profil Pelajar Pancasila. Sementara, pada survei lingkungan belajar akan diukur mengenai kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran satuan Pendidikan.

Korbid Kurikulum, Didin Triharjani mengatakan, ”Asesmen Nasional dilakukan selama dua hari untuk setiap peserta. Pada hari pertama terdiri dari latihan soal selama 15 menit, lalu tes literasi membaca 75 menit, dan survei karakter 30 menit. Pada hari kedua, alokasi waktu latihan soal dan literasi membaca sama dengan hari pertama, tetapi survei lingkungan belajar dilakukan selama 40 menit, “ tegasnya.

“Pelaksanaan hari pertama berjalan lancar, sedangkan hari kedua terkendala server pusat jadi sempat tertunda tetapi bisa dilaksanakan dengan baik. Sebagai evaluasi ke depan, sebaiknya disiapkan untuk akses jaringan internet yang mencukupi, “ ujar Didin menambahkan. (irm@)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us