Print This Post Print This Post

Wisuda dan Haflah Tahfidzul Quran Kepala Kemenag Ajak Bangun Tiga Pilar untuk Mewujudkan Prestasi

557

Kota Malang (MIN 1) – Hari ini merupakan momen paling berharga bagi siswa/siswi kelas enam. Usai sudah proses belajar selama enam tahun di tingkat Madrasah Ibtidaiyah, untuk itulah digelar acara Wisuda dan Haflah Tahfidzul Quran dan Kelas VI MIN 1 Kota Malang Kamis (17/06). Hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Kemenag Kota Malang dan jajarannya, Pengawas Madrasah, Direktur Bilqolam Malang dan jajarannya, Pengurus Komite, Kepala Madrasah di Jalan Bandung (BA Restu, MIN 2, MTsN 1, MAN 2), dan  sejumlah 286 wisudawan, di mana 229 siswa juga merupakan peserta Haflah Tahfidzul Quran.

Terpancar kegembiraan di wajah Hj. Siti Aisah Kepala MIN 1 Kota Malang atas  takdir Allah Swt bisa mengadakan dua kegiatan sekaligus yaitu Wisuda dan Haflah Tahfidzul Quran Kelas VI MIN 1 Kota Malang yang bertempat di Hotel Taichi Jalan Jaksa Agung Suprapto Malang. Sesuai hasil sidang jajaran dewan guru tanggal 31 Mei menyatakan bahwa sejumlah 286 siswa dinyatakan lulus 100%. Secara resmi pengumuman kelulusan telah disampaikan pada tanggal 7 Juni 2023.

“Setelah lulus anak-anak hendaknya  tetap melaksanakan dan menjaga visi misi MIN 1 Kota Malang. Berakhlak mulia, menjaga salat lima waktu, tawadhu pada orang tua, berprestasi, dan peduli terhadap lingkungan,“ tegas Aisah.

“Alhamdulillah selama semester dua sekitar 456 kejuaraan yang telah diraih diantaranya, 28 kejuaraan tingkat internasional, 253 tingkat nasional, 46 tingkat propinsi dan 129 tingkat kota,” tambahnya.

Sementara itu Gus H. Achmad Shampton, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang dalam sambutannya mengatakan pendidikan di madrasah adalah tanggung jawab orang tua dan guru. “Untuk mewujudkan anak berprestasi, unggul dalam sisi rohani dan prestasi unggul secara akademik  dapat dibangun melalui tiga pilar yakni guru, orangtua, dan masyarakat.  Untuk itu ketiganya saling berperan aktif dan mendorong mewujudkannya,” ucapnya.

Setelah beberapa sambutan dilanjutkan dengan prosesi wisuda, pembacaan ikrar, dan menyanyikan lagu sayonara sebagai ungkapan perpisahan yang membuat hadirin serta bapak/ibu guru hanyut dalam suasana yang mengharukan hingga meneteskan air mata.

Berikutnya pengumuman siswa berprestasi. Mulai dari prestasi hafalan Quran terbanyak diraih Umar Bhimasena Ramdhani, bacaan hafalan Quran terbaik diraih Ainiyah Lailatul Fitri, nilai tertinggi Asesment Madrasah (AM) diraih Fahira Wasalwaa Ajnaira Firdaus, nilai tertinggi Ujian Kompetensi Daerah (UKD) diraih  Chilla Ramadhani Mutiara Prasetya, dan peraih penghargaan Non Akademik diraih  Mahadewi Cahya Wardhani, dan prestasi sebagai siswa teladan diraih oleh Aurelia Haura Araminta. Penentuan siswa teladan didasarkan beberapa aspek diantaranya, prestasi akademik, prestasi non akademik, kepribadian, kepemimpinan, dan ketaatan beribadah.

Alhamdulillah, prosesi wisuda berlangsung lancar dari awal hingga akhir. Selamat untuk siswa/siswi kelas enam tahun pelajaran 2022/2023. Semoga sukses selalu dan semangat menuju jenjang yang lebih tinggi lagi. (irm@)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us