Print This Post Print This Post

Wujudkan Hidup Sehat, MIN 1 Gelar Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

302

Kota Malang (MIN 1) – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Malang menggelar penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi seluruh siswa kelas 6, Senin (4/9). Kegiatan ini dilaksanakan di Serambi Masjid Abdul Jalil. Narasumber dalam penyuluhan ini adalah Ibu Kirana selaku penyuluh dari Puskesmas Arjuno. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa PHBS adalah upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui perubahan perilaku.

“PHBS dapat dilakukan di berbagai tempat, salah satunya di sekolah. Di sekolah, PHBS dapat diterapkan dengan menjaga kebersihan lingkungan, menerapkan pola makan sehat, dan perilaku hidup bersih dan sehat lainnya,” pesannya.

Pada penyuluhan kali ini, narasumber membahas dua materi utama, yaitu cara cuci tangan yang benar dan bahaya merokok. “Cuci tangan yang benar adalah salah satu cara untuk mencegah penyebaran penyakit,” kata Ibu Kirana.

Ada enam cara mencuci tangan yang benar, antar lain membasahi tangan dengan air mengalir, menggosok sabun ke seluruh permukaan tangan selama 20 detik, dan membilas dengan air bersih. Beliau juga menyampaikan bahwa merokok merupakan salah satu perilaku yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan stroke. “Jangan pernah mencoba merokok. Merokok dapat merusak kesehatan dan masa depan kita,” paparnya.

Siswa mengikuti kegiatan ini dengan antusias, salah satu siswa menyampaikan, “Saya jadi tahu pentingnya PHBS. Saya akan menerapkan apa yang saya pelajari dari penyuluhan ini di rumah dan di sekolah.”

Kegiatan penyuluhan PHBS ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para siswa akan pentingnya PHBS. Dengan menerapkan PHBS, para siswa dapat terhindar dari berbagai penyakit dan memiliki hidup yang lebih sehat. (humas)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us