Print This Post Print This Post

Gayeng Bahas RAPBK di Penghujung Akhir Tahun

94

Kota Malang  (MIN 1) – Seiring berakhirnya tahun pelajaran 2020/2021 dan berjalannya tahun pelajaran 2021/2022, meski dalam suasana pandemi covid-19  namun banyak kegiatan yang sudah dilakukan baik kegiatan bidang kurikulum, kesiswaan, kehumasan, sarana prasarana, dan ketatausahaan.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), salah satu pasal tentang Sistem Pendidikan Nasional  menjelaskan biaya pendidikan merupakan kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat. 

Jumat (31/12/2021) tepat di penghujung tahun MIN 1 Kota Malang menyelenggarakan Rapat Komite Madrasah dengan agenda penyampaian Pembahasan RAPBK – Tahun 2022 dan persiapan  Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pengurus  Komite Periode 2019-2021. Bertempat di aula kegiatan dimulai pukul 08.00 berakhir pukul 15.00, dihadiri oleh Ketua Komite dan jajarannya, Kepala Madrasah, Korbid, Kornit, Tata Usaha, dan perwakilan orangtua/ Pengurus POS kelas 1-6.

Mengawali sambutannya, Ketua Komite Madrasah, Prof. Dr. Maskuri Bakri menjelaskan bahwa lembaga pendidikan yang bagus mempunyai manajemen yang adaptif, yaitu sistem penyampaian layanan yang bersifat menyeluruh (comprehensive) dan dirancang untuk mengetahui, menemukan dan memecahkan masalah dalam ranah psikomotor.

“Mengutip kata bijak Xunzi, Katakan padaku dan aku lupa. Ajari aku dan aku ingat. Libatkan saya dan saya akan belajar dapat diartikan bahwa pendidikan yang berbasis alam dan pengalaman akan mudah dicerna, dan berkesan, serta menambah percaya diri dalam kemampuan melakukan.” Adanya  inovasi baru di bidang kurikulum tentunya akan menjadi daya tarik dan sebagai peningkatan mutu madrasah menjadi yang terbaik,” ujar Prof Maskuri yang juga menjabat sebagai Rektor Unisma Malang ini.

Kegiatan dilanjutkan diskusi kelompok membahas, mencermati, menambah/ mengurangi RAPBN tahun 2022 sesuai kebutuhan di masing-masing bidang. Kemudian dipresentasikan, ada tanggapan, saran, dan dukungan semata-mata untuk kemajuan madrasah. Serius namun tetap gayeng membuat waktu berjalan tanpa terasa.

Di akhir kegiatan sebagai penutup, Prof Maskuri menegaskan kembali agar setiap tahunnya selalu ada progresif kegiatan di setiap bidang. “Komite akan segera melaksanakan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) dalam waktu dekat, menunggu bangunan gazebo ke-2 selesai. Ucapan terima kasih kepada pengurus POS kelas 1-6 yang sudah berkenan hadir sebagai perwakilan dari walimurid, harapan ke depan semoga komite bisa mewujudkan angan-angan madrasah menjadi lebih baik lagi.” terang beliau.(irm@)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us