Print This Post Print This Post

Tetap Semangat Hadapi PKKM di Penghujung Tahun 2021

734

Kota Malang (MIN 1) –Di penghujung tahun 2021 saatnya menikmati liburan semester 1, namun tidak berlaku untuk beberapa Bapak/Ibu Guru MIN 1 Kota Malang khususnya Bapak Kepala Madrasah, jajaran Korbid, Kornit, Tata Usaha, dan staf Komite dikarenakan masih ada saja kegiatan yang harus diselesaikan. Tepatnya Kamis (30/12/2021) telah dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) satu tahunan MIN 1 Kota Malang. Penilaian dilaksanakan di laboratorium IPA. Kegiatan dimulai pukul 08.00 berakhir pukul 10.30 WIB. Dalam rangka kegiatan ini, 12 orang yang tergabung dalam tim kelompok kerja PKKM telah menyiapkan berbagai dokumen sebagai bukti kinerja kepala madrasah untuk dilakukan penilaian.

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah merupakan proses pengumpulan, pengelolaan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian dilakukan secara berkala dalam periode tahunan. Hal ini mengacu pada surat keputusan Dirjen Pendis Kementerian Agama Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, bahwa penilaian kinerja kepala madrasah dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Lima komponen itu meliputi :Usaha Pengembangan Madrasah, Pelaksanaan Tugas Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan, dan Hasil Kinerja Kepala Madrasah.

Kepala MIN 1, Suyanto dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada tim pokja PKKM yang telah meluangkan waktu dan tenaga dalam menyiapkan semua dokumen. Seyogjanya penilaian ini adalah penilaian untuk seluruh unsur yang ada di MIN 1.

“Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program kerja sudah dilakukan, dokumen-dokumen sebagai bukti inovasi baru sebagai bentuk amanah yang diberikan negara kepada kita sudah disiapkan. Hari ini saatnya  dilakukan penilaian eksternal dari Pengawas Kemenag Kota Malang,” sambutnya.

Abdul Mughni selaku pengawas yang hadir , menyampaikan teknik penilaian diawali dengan presentasi Kepala Madrasah terutama upaya inovasi yang telah dilakukan, dilanjutkan analisis dokumen,  diakhiri dengan interviu dan refleksi.

“Alhamdulillah penilaian tahunan ini berjalan dengan sangat lancar. Sedikit catatan sebagai umpan balik atau masukan untuk madrasah ke depannya yang sifatnya melengkapi  dan upaya peningkatan kompetensi  kepala madrasah dalam membawa mutu madrasah lebih baik lagi. Kita harus berani berkreasi dan berinovasi. Mudah-mudahan PPKM ini memberikan dampak  hasil sangat memuaskan,” ujar beliau dengan penuh keakraban. (irm@)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us