Print This Post Print This Post

Gelar Tasmi Akbar dan Tahfidzul Quran Wujudkan Generasi Qurani

137

Kota Malang – (MIN 1) Pagi itu dengan balutan suasana serba putih MIN 1 Kota Malang menyelenggarakan Tasmi’Akbar dan Penyerahan Syahadah Tahfidz juz 29, 30, 1, 2, 3, 4, dan 5 (19/12) Diikuti sejumlah 405 siswa dari kelas 1-6 bertempat di Masjid Abdul Jalil. Tasmi’ Akbar ini merupakan puncak dari serangkaian acara sebelumnya, yaitu Uji Tahfidz dan Halaqoh Al Qur’an. Hadir dalam acara ini H. Suyanto, selaku Kepala Madrasah beserta jajaran manajemen, KH. Anas Bashori selaku Ketua Bilqolam Malang sekaligus Pimpinan PIQ Singosari,  Ust. Aris Liswanto selaku supervisor Bilqolam MIN 1 Kota Malang, korlas 1-6, dan penasihat guru Baca Qur’an, Ustad Mansyur dan Ustad Hasanuddin.

Dalam sambutannya Suyanto mengatakan, bangga bertatap muka dengan anak-anak pilihan yang diberi kelebihan oleh Allah sebagai penghafal Al-Quran. “Untuk itu tetap istiqomah membaca dengan niat semata-mata mencari ridho Allah Swt,” ujarnya.

Sebelum Tasmi’ Akbar ini digelar, serangkaian acara telah dilalui selama satu minggu sebelumnya. Dimulai dari uji tahfidz kelas 1-6 pada tanggal 12-14 Desember 2022. Uji tahfidz kelas 1-5 diikuti 229 dan uji tahfidz kelas 6 diikuti 189 siswa. Mayoritas peserta mengikuti uji tahfidz juz 30. Selebihnya ada yang mengikuti uji tahfidz juz 28, 29, 1, 2, 3, 4 dan 5.

Jika kelas 1-5, wajib menuntaskan 1 juz, baru bisa mengikuti uji tahfidz, maka untuk kelas 6, karena akan lulus, diizinkan mengikuti uji tahfidz untuk setengah juz. Dari 418 siswa peserta, sebanyak 230 siswa dinyatakan lulus dan berhak mengikuti Tasmi’ Akbar pada tanggal 19 Desember 2022. Banyaknya peserta tasmi’ dan beragamnya juz yang diujikan, maka untuk  tasmi’ juz 28, 29, juga juz 1-5, diadakan pada hari Kamis dan Jum’at, tanggal 15 dan 16 Desember 2022, yang diberi nama Halaqoh Al-Qur’an. 101 siswa mengikuti Halaqoh Al-Qur’an dengan khusyuk.

Di awal acara seluruh siswa mengikuti Ust. Aris Liswanto, dalam talqin ittiba’  Surah Al Fatihah. Kemudian dilanjut dengan tasmi’ Juz 30 bil ghoib bersama seluruh peserta dan uji public merupakan acara yang menegangkan bagi peserta. Puncak dari Tasmi’ Akbar adalah penyerahan syahadah bagi seluruh peserta tasmi’ yang diserahkan oleh KH. Anas Bashori dan Kepala MIN 1 Kota Malang.

Untuk mengetahui wawasan peserta tasmi’ tentang Al-Qur’an dan Matematika Al-Qur’an, anak-anak mengikuti game yang diberi nama Rangking 1. Seluruh peserta sangat berharap menjadi Rangking 1. Soal diberikan, peserta diminta menulis jawaban di note book yang sudah disiapkan panitia. Jika peserta salah, maka dia tidak boleh mengikuti soal berikutnya. Pada soal ke-14 tinggal 2 siswa, 1 laki-laki dan 1 perempuan, dan soal matematika Al-Qur’an ini dimenangkan siswa perempuan atas nama Raisya dari kelas 6B, sebagai Rangking 1, dan berhak mendapatkan piala.

Tahun ini, peserta dengan  hafalan terbanyak diraih oleh Chafaz Selma Nayla Arkana dari kelas 5G yang telah menyelesaikan hampir 30 juz, yang sudah diujikan di madrasah adalah juz 30, 1, 2, 3, 4, dan 5. Untuk Chafaz Selma Nayla, diberikan Piagam Penghargaan dari madrasah.

Kemeriahan acara Tasmi’ Akbar  ditutup dengan menyanyikan lagu Mars Muroja’ah bersama-sama dipimpin oleh Tim Banjari dari kelas enam. (rahma/irm@)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PPDB
Need Help? Chat with us